LAYANAN

LAYANAN KONSULTAN HUKUM SHIETRA

Hukum adalah ilmu tentang prediksi. Apakah Anda akan memilih untuk berspekulasi di "meja hijau"?

Beragam peraturan tertulis dalam pasal-pasal peraturan perundang-undangan yang tidak berlaku dalam praktiknya. Sebaliknya, banyak dijumpai kaedah norma hukum yang dibentuk oleh praktik peradilan, menjelma sebentuk PRESEDEN. Oleh karenanya, memahami hukum, tidak pernah cukup hanya dengan mengetahui undang-undang. SHIETRA & PARTNERS menjadi satu-satunya firma hukum Indonesia yang men-spesialisasikan dirinya dibidang penguasaan preseden dalam setiap layanan jasa konsultasi kami.

KANTOR KAMI :
SHIETRA & PARTNERS, SHIETRA PUBLISHING, & hukum-hukum.com, beralamat di : Jln. HR. Rasuna Said. Kawasan Epicentrum Utama, Mall Epicentrum Walk, Office Suite Lantai 5 Nomor A529, Kuningan, Jakarta Selatan 12940, Indonesia.
RESERVASI & INFO TARIF :
- Telepon / Phone Number: (+62-21) 568 2703.
- Faximile: (+62-21) 560 2810.
- Whatsapp: (+62) 8888-9195-18.
- Email: konsultasi@hukum-hukum.com.
- Live Chat via Google Hangout: hery.shietra@gmail.com

(PERINGATAN: Tamu / penelepon yang tidak memperkenalkan diri, memakai aturan main sendiri, atau bahkan berpura-pura tidak menyadari hak kami atas tarif profesi, ID bersangkutan akan dipublikasi pada laman BLACKLIST secara permanen sebagai sanksi. Hargai profesi kami sebagaimana Anda menuntut untuk dihargai. Kami akan terapkan sanksi yang keras, bagi yang berpura-pura tidak mengetahui setiap layanan dibebani TARIF KONSULTASI, apapun alasannya, karena bila Anda mengetahui nomor kontak kami, berarti Anda telah membaca adanya TARIF yang berlaku. Berpura-pura atau menuntut dilayani tanpa mau dibebani tarif, sama artinya melecehkan profesi kami.)




huhum-hukum.com merupakan divisi publikasi serta layanan Konsultan Hukum SHIETRA & PARTNERS yang memberikan jasa layanan hukum secara tatap muka, maupun secara virtual (online) bagi pengguna jasa yang berada di provinsi atau pulau di luar Jawa, tanpa terbatas ruang ataupun waktu, baik kepada individu/perorangan maupun korporasi. Adapun ruang lingkup pelayanan hukum yang kami tawarkan, antara lain:

Hery Shietra Indonesian Legal Consultant

Konsultasi Hukum

Konsultasi hukum dapat dilakukan secara tatap muka, maupun surat-menyurat via daring (internet) ataupun telepon (virtual service). Berbagai latar belakang profesi klien, baik perorangan maupun korporasi, dengan beragam karakter permasalahan hukum, dapat kami berikan layanan jasa hukum serta pandangan hukum, disamping langkah-langkah hukum konkret, berupa mitigasi serta preventif yang disesuaikan dengan karakter ataupun kebutuhan klien. 

Bidang hukum seperti sengketa tanah, kepailitan dan penundaan kewajiban pembayaran utang, sengketa tata usaha negara, perlindungan konsumen, aksi korporasi seperti akuisisi maupun permohonan penetapan izin audit investigasi oleh pemegang saham minoritas kepada pengadilan, hubungan niaga, wanprestasi, hubungan industrial ketenagakerjaan, perlindungan konsumen, seputar badan hukum Perseroan Terbatas, perizinan, industri, hukum perikatan perdata kontraktual pada umumnya, tidak terkecuali hukum pidana.

Konsultasi tatap muka dapat berupa meeting serta presentasi pada kantor klien, dapat juga by request pada kafe, meeting point, atau tempat lain dengan waktu serta tempat yang dapat disepakati.

Terhadap klien tetap yang menggunakan jasa kami secara rutin setelah tempo waktu tertentu, akan akan mendapat keistimewaan berupa retainer charge rate ataupun jenis tarif retainer fee (tarif khusus bagi pelanggan jasa konsultasi).

Kami hanya memberikan pelayanan hukum secara profesional bagi klien yang bersikap profesional. Info lebih lanjut, simak pada laman TARIF KONSULTASI.


Akses Penuh terhadap Database SHIETRA & PARTNERS.

Bagi yang berminat untuk membaca ribuan kajian hukum koleksi SHIETRA & PARTNERS, dengan akses penuh terhadap Database kami, simak selengkapnya dalam layanan MEMBERSHIP.

Prediksi Hasil Sengketa / Perkara (Penting bagi Klien yang Berencana untuk Menggugat Suatu Pihak agar Tidak Berspekulasi yang Bisa Jadi Berdampak Kontraprodukdif)

Hingga kini, masih saja kami jumpai seorang mantan Direksi / Komisaris mengajukan gugatan terhadap Perseroan Terbatas ke hadapan Pengadilan Hubungan Industrial, dengan asumsi bahwa jabatan Direktur dan Komisaris adalah "Pekerja" sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Ketenagakerjaan.

Meski, Mahkamah Agung RI telah secara konsisten dalam berbagai putusannya menyatakan secara tegas, bahwa "Direksi / Komisaris adalah Organ Perseroan, bukan Pekerja", sehingga tidak berhak untuk menuntut pesangon layaknya seorang buruh.

Niat sang mantan Direksi untuk menggugat Perseroan, sejak semula sudah dapat diprediksi tidak akan membuahkan hasil. Oleh karenanya, klien yang cerdas tidak akan berspekulasi di "meja hijau" tanpa meminta opini hukum yang memadai dari sarjana hukum spesialis preseden / yurisprudensi. Konsultan hukum Hery Shietra merupakan sarjana hukum di Indonesia yang secara langka menguasai riset preseden secara terpola dan terperinci secara aktual.

Terhitung sangat langka sarjana hukum di Indonesia yang mampu memberikan pelayanan hukum dibidang prediksi ujung/hasil sengketa baik secara perdata maupun pidana yang berakhir di "meja hijau" (persidangan), serta apa yang akan menjadi hasil putusan hakim. Seorang nahkoda yang baik, akan memprediksi cuaca sebelum berlayar. Apakah Anda akan menyerahkan nasib hukum Anda di tangan seorang spekulan?

Fakta serta permasalahan hukum senantiasa berkelindan, dalam arti prediksi atas sikap dan pendirian pengadilan atas suatu sengketa yang dihadapkan kepadanya tidak semata dapat ditemukan pada bunyi suatu peraturan perundang-undangan tertulis, namun dapat lebih dikonkretkan serta ditemukan pada praktik putusan hakim di pengadilan sebagai suatu preseden (yurisprudensi) dan hukum yang "hidup" sebagai best practice.

Lewat riset yurisprudensi, karakter suatu putusan hakim serta tren / kiblat / arah kecondongan hakim / pengadilan dalam memutus dapat dipetakan serta diprediksi arah putusan yang dihasilkan, agar seseorang yang hendak menggugat tidak berspekulasi di "meja hijau". Derajat paling minimum dari daya prediktabilitas dalam hukum, merupakan penopang utama "kepastian hukum".

Hukum adalah ilmu prediksi, demikian para sarjana hukum di negara dengan sistem hukum Anglo Saxon (common law system) menyatakan dan menemukan relevansinya, serupa dalam praktik hukum di Indonesia. Klien yang cerdas, tidak akan memilih untuk "ber-ju-di" di meja hijau tanpa mengetahui potensi keberhasilan dengan merujuk berbagai preseden yang ada.

Dapat dikatakan, konsultan Hery Shietra, S.H. merupakan sarjana hukum dengan spesialisasi langka di Indonesia yang memfokuskan diri dalam telaah serta riset mendalam atas ribuan putusan pengadilan negeri hingga Mahkamah Agung RI, baik yurisprudensi dekade lampau maupun berbagai putusan kontemporer teraktual berbagai lembaga peradilan, sebagai suatu spesialiasi yang sangat langka di Indonesia.

Bagi klien yang berminat untuk meminta pandangan hukum SHIETRA & PARTNERS atas perkara yang akan dihadapinya, maka perkara dapat dipetakan serta dilihat potensi yang akan terjadi, apakah niat untuk menggugat atau mengajukan upaha hukum, layak atau tidak untuk diajukan.

Rencana untuk menggugat yang tidak dikalkulasi secara baik, tidak juga melakukan riset mendalam terhadap berbagai preseden (kecenderungan karakter pengadilan dalam memutus suatu perkara serupa), akan menjelma kontraproduktif. Tidak jarang dijumpai, gugatan berujung pada gugatan balik (rekonpensi) pihak tergugat, yang justru pengadilan menjatuhkan vonis hukuman bagi pihak penggugat alih-alih mengabulkan gugatan penggugat. 

Niat untuk menggugat atau mengajukan upaya hukum, perlu diberikan pandangan hukum secara objektif untuk memberi pemahaman kepada klien, bahwa niat tersebut layak (worthy) atau tidaknya untuk direalisasi.

SHIETRA & PARTNERS tidak pernah akan menjerumuskan klien untuk asal menggugat, sebagai bagian dari kode etik layanan jasa kami. Terlepas dari hal demikian, keputusan tetap berada di tangan klien, dan kami menghargai sepenuhnya setiap pilihan langkah hukum yang akan dipilih dan ditempuh klien.

Legal Drafting serta Legal Review

Setiap kontrak/perjanjian memiliki karakteristiknya secara tersendiri. Antara kontrak bisnis dengan kontrak tenaga kerja, sebagai contoh, masing-masing berisi jenis perikatan dengan pola/sifat tertentu yang menjadi ciri khas masing-masing perikatan, tanpa dapat saling dipertukarkan.

Suatu kontrak bisnis, sangat bergantung pada "jiwa" dari latar belakang perikatan usaha, objek usaha, serta maksud para pihak. Perikatan yang seimbang lebih berpotensi langgeng ketimbang kontrak yang tidak equal sebagaimana kerap terjadi gugatan pembatalan perjanjian dengan alasan adanya "cacat kehendak" maupun "penyalahgunaan keadaan keunggulan ekonomi ataupun posisi dominan". Oleh karenanya, kontrak bisnis penting untuk meninjaunya dari segi prepare for the worst cases.

Adalah percuma menyusun kontrak yang kompleks dan demikian tebal namun kemudian dapat dibatalkan oleh pengadilan. Adalah tugas konsultan hukum sebagai contract maker and contract dealer.

Sementara itu suatu kontrak ketenagakerjaan, yang mana tidak memberi "ruang nafas" bagi pekerja, akan berpotensi menimbulkan konflik laten dikemudian hari. Kontrak ketenagakerjaan yang baik akan membuat pekerja/buruh/karyawan mempunyai suatu rasa memiliki dan kebersamaan terhadap perusahaan untuk survive sehingga loyalitas yang terjaga dengan baik akan bersifat produktif bagi perusahaan, sementara pengusaha bersikap solusif terhadap karyawan. Hubungan industrial yang baik selalu bermula dari bagaimana perspektif masing-masing dalam memaknai fungsi dan perannya.


Suatu kontrak perdata terdiri setidaknya dari tiga unsur utama: unsur yuridis, unsur seni, serta unsur bisnis. Seorang konsultan hukum berperan penting terhadap dua aspek pertama, sementara itu unsur bisnis memiliki peran substansiel sehingga komunikasi yang jelas serta tegas antara pebisnis dengan konsultan hukumnya menjadi penting guna membuat terang perikatan yang hendak mereka bentuk.

Fungsi reviewer terhadap kontrak, ialah guna memastikan bahwa tiada klausul perikatan yang tidak wajar ataupun yang merugikan, serta melihat "celah" yang ada untuk ditutup atau setidaknya dimitigasi. Seorang konsultan hukum yang terampil mampu memberikan berbagai alternatif serta gambaran konsekuensi yang akan terjadi bila kontrak tersebut tetap dibentuk.
Hery Shietra & Partners

Legal Opinion

Legal Opinion merupakan opini sarjana hukum secara tertulis atas fakta dan permasalahan hukum yang terjadi, berisi serangkaian dasar hukum, peta masalah, kesimpulan, serta rekomendasi hukum yang dapat ditempuh oleh pengguna jasa.

Legal Opinion SHIETRA & PARTNERS selalu mengandung elemen unsur-unsur seperti: fakta hukum, dasar hukum, tren putusan pengadilan serta preseden / yurisprudensi yang ada seputar perkara, kesimpulan, serta rekomendasi dan mitigasi. Komprehensif.

SHIETRA & PARTNERS serta hukum-hukum.com menyediakan dua skema layanan produk Legal Opinion, yakni Legal Opinion "harga penuh" atau skema "diskon 50%" (separuh nilai tarif regular) sepanjang ditawarkan oleh kami kepada klien. Skema diskon separuh harga memberi hak bagi kami untuk mempublikasi Legal Opinion dengan tetap menjaga kerahasiaan klien (seperti tidak mencantumkan identitas klien serta menghapus berbagai detail permasalahan hukum).

Mediasi (Amicable Solution)

Mediasi merupakan langkah solutif cerdas win-win solution diluar proses peradilan yang mengedepankan asas kekeluargaan, efesiensi waktu, serta efektivitas. Konsultan hukum berperan sebagai mediator, atau penengah yang menjembatani kepentingan para pihak yang saling bersengketa.

Mediasi memiliki fungsi utama untuk kembali merekatkan hubungan antara para pihak yang saling bertikai, agar hubungan ini tidak putus sama sekali sebagaimana terjadi bila sengketa masuk dalam tahapan peradilan di persidangan.

Seorang mediator dapat bertemu para pihak, guna mencari kesepakatan jalan tengah bersama, baik berupa perundingan tiga pihak dalam satu forum bersama, ataupun pertemuan secara terpisah dengan masing-masing pihak, dimana seorang mediator hanya berperan sebagai penghubung (messenger) sekaligus duta yang menawarkan berbagai alternatif sudut pandang serta penyelesaian.

Produk hukum yang kemudian dihasilkan, ialah akta perdamaian (van dading) yang dapat dirumuskan / dikonsepkan oleh SHIETRA & PARTNERS selaku konsultan yang berperan sebagai mediator para pihak. Diharapkan, akta perdamaian yang disepakati para pihak, baik diluar maupun didalam pengadilan, menjadi langkah solutif terbaik secara musyawarah untuk mencapai mufakat.

Training / Workshop / Seminar

SHIETRA & PARTNERS memiliki pengalaman sebagai trainer memberikan workshop kepada berbagai kalangan perbankan mengenai hukum jaminan kebendaan, gambaran masalah dalam praktik lelang eksekusi Hak Tanggungan maupun fidusia, langkah mitigasi, penemuan hukum, trik dan tips, langkah praktis, tren pendirian pengadilan, serta memetakan hak dan kewajiban debitor maupun kreditornya.

Kami menyedikan berbagai bahan training dalam bentuk modul ataupun bentuk workshop lainnya, terhadap berbagai bidang disiplin ilmu hukum baik perdata maupun pidana.

Terdapat beberapa variasi bentuk workshop yang kami sediakan: hitungan jam atau hitungan hari. Silahkan untuk dikomunikasikan bersama. Selebihnya, tangan-tangan "ajaib" kami yang akan bekerja memberikan pelatihan dan edukasi hukum secara interaktif.

Persiapan bahan / materi presentasi wajib dikuasai seorang trainer terampil yang menguasai metode komunikasi dialogis serta pedagogi, dimana untuk itu kami menyediakan baik modul maupun trainer. Pengguna jasa yang berminat, dapat menyimak lebih detail pada laman PELATIHAN.

Penelitian Hukum dan Ilmu Sosial.

Penulisan artikel / makalah ilmiah membutuhkan keterampilan spesifik dalam bidang riset serta jam terbang menulis disertai pengetahuan dasar konsep penulisan yang baik dan benar.

Kami membuka jasa penelitian untuk kepentingan berbagai karya tulis ilmiah bidang hukum maupun sosial, disamping juga memberi jasa penulisan buku dengan sistem "ghost writer".

Ghost writer merupakan sebuah profesi penulisan yang mana dapat disewa untuk menulis atas nama pemesan, dimana nama sang ghost writer tidak akan tampil dalam buku yang dikarangnya, namun buku tersebut akan dicetak serta terbit atas nama sang pemesan sebagai nama penulisnya. Tema yang dapat diangkat dapat berupa buku ilmiah, novel fiksi, biografi, dsb.

Content / Script Writer Ilmu Hukum dan Sosial

Bahasa dan seni tulis merangkai kata, memiliki kekuatan semantik / semantis yang mampu membentuk kesan dan pesan pada benak audiens, disamping memiliki daya pendorong untuk menggerakkan psikologi para pendengar / pembaca yang menjadi target audiens.

Jasa penulisan pidato kenegarawaan, pimpinan instansi, pejabat negara, ataupun script acara dalam berbagai event untuk berbagai keperluan, memiliki keterkaitan erat dengan keterampilan seorang sarjana hukum dalam merangkai kata-kata yang mampu merepresentasi serta mengkomunikasikan suatu visi dan misi. Info lebih lanjut, simak pada laman kami di CONTENT WRITER.

Bimbingan, Tutorial, Konsultasi & Konseling

SHIETRA & PARTNERS menyediakan jasa konseling, tutorial, bimbingan, upaya koreksi serta review, editorial, penyempurnaan, saran / masukan, input rumusan masalah, pengayaan materi, penajaman analisa hukum, baik via tatap muka atau via online.

Demi menghormati budaya akademis intelektual, SHIETRA & PARTNERS tidak menyediakan jasa pembuatan skripsi, tesis, ataupun disertasi secara utuh. Kami hanya memberikan layanan bimbingan, konseling, tutorial, serta menyediakan berbagai bahan penelitian hukum sebagai input dan panduan penyusunan.

Freelancer

Kami dapat diberikan surat kuasa guna mengurus suatu masalah hukum yang sedang dihadapi, ataupun hal-hal seputar hukum dengan sistem freelance, yang mana dapat disepakati sistem hourly basis maupun lump-sump.

Sub-contract Legal Services

Kami menerima sub contrak, dalam arti pemberi project dapat melimpahkan pengerjaan kepada kami, dalam bentuk dan format yang dapat disepakati, dengan rincian deadline serta biaya yang dapat disepakati bersama.

Perijinan Legalitas Usaha

Tentunya pengusaha yang akan memulai usaha ataupun perusahaan yang akan memperpanjang perizinan usaha akan merasa lebih baik untuk fokus pada core business mereka dan mempercayakan legalisasi usaha mereka kepada pemberi jasa pengurusan izin. Sebagai pengguna jasa, tentunyalah akan sangat menghargai waktu yang mereka miliki dan mempercayakan urusan permohonan izin ataupun perpanjangannya kepada mereka yang memang berkecimpung dibidang hukum prosedural dan perizinan. SHIETRA & PARTNERS menjamin perizinan yang diperoleh melewati rangkaian prosedur yang resmi, sehingga kepastian atas sahihnya izin yang diperoleh menjadi bagian jaminan layanan kami.


Bila terdapat pertanyaan lain seputar lingkup layanan serta biaya, jangan sungkan untuk menghubungi kami, karena kami tahu apa yang Anda butuhkan.


SHIETRA & PARTNERS motto: "Law Made Easy, Because We Know What You Really Need."

hukum-hukum.com

About Author & Founder hukum-hukum.com

Foto saya

Trainer & Legal Consultant SHIETRA & PARTNERS didirikan pada tahun 2013, dengan spesialisasi konsultasi hukum dibidang preseden Hukum Pertanahan, Ketenagakerjaan, Lembaga Keuangan, Kepailitan, Perseroan & Korporasi, serta Perikatan Perdata, disamping Pidana. 

Penyedia layanan jasa konsultasi hukum berbayar bagi klien dari Sabang hingga Merauke, perorangan maupun korporasi. Berkomitmen sebagai profesional dalam setiap layanan jasa hukum, dengan tetap memegang teguh idealisme dan etika profesi.

SHIETRA & PARTNERS beralamat di : Jln. HR. Rasuna Said. Kawasan Epicentrum Utama, Mall Epicentrum Walk, Office Suite Lantai 5 Nomor A529, Kuningan, Jakarta Selatan 12940, Indonesia. Reservasi dan Info Tarif:
  1. Telepon: (+62-21) 568 2703.
  2. Fax: (+62-21) 560 2810.
  3. Whatsapp: 08888-9195-18. (Kami akan terapkan sanksi yang keras, bagi yang berpura-pura tidak mengetahui setiap layanan dibebani TARIF KONSULTASI, apapun alasannya, karena bila Anda mengetahui nomor kontak kami, berarti Anda telah membaca adanya TARIF yang berlaku. Berpura-pura atau menuntut dilayani tanpa mau dibebani tarif, sama artinya melecehkan profesi kami.)
SETIAP PERTANYAAN HUKUM DIBEBANI TARIF. Syarat & Ketentuan Layanan lihat pada: http://www.hukum-hukum.com/p/1.html

Aturan Utama: Pahami etika komunikasi seperti perkenalkan dahulu diri Anda, serta sadari akan profesi penulis yang mencari nafkah sebagai konsultan hukum.

PERINGATAN: Penelepon yang tidak memperkenalkan diri, memakai aturan main sendiri, atau bahkan berpura-pura tidak menyadari hak kami atas tarif profesi, ID bersangkutan akan dipublikasi pada laman BLACKLIST secara permanen sebagai sanksi. Hargai profesi kami sebagaimana Anda menuntut untuk dihargai.