Jasa ASSESSMENT

Konsultan Shietra menyediakan jasa assessment bagi korporasi yang hendak mengevaluasi berbagai standar kebijakan internal (aturan otonom) dalam perusahaan yang dikelola oleh pengguna jasa assessment, antara lain:
  • Review, analisa, evaluasi, serta memberikan rekomendasi / saran dan masukan terkait kebijakan persuratan terkait hukum perseroan, semisal draf baku untuk somasi, draf baku kontrak bisnis dengan rekanan, dsb;
  • Asssessment terhadap aturan prosedural internal perusahaan (Standard Operation Procedure), disertai opini dari sudut pandang legal dan rekomendasi;
  • Assessment terhadap tingkat kepatuhan perusahaan atas aturan hukum positif yang berlaku sesuai bidang usaha perusahaan pengguna jasa, serta mengedukasi kepatuhan demikian dalam relevansinya dengan kepastian dunia usaha;
  • Assessment terhadap kontrak kerja karyawan (review), ataupun untuk membuat dan merancang kontrak kerja pegawai dan buruh, baik berupa Perjanjian Kerja Waktu Tertentu maupun Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu;
  • Assessment terhadap dokumentasi legalitas, semisal perizinan hingga rekomendasi tata arsip dokumen legal yang baik dan benar;
  • Assessment terhadap pemahaman anggota Divisi HRD terkait ketentuan hukum yang berlaku dibidang ketenagakerjaan, bila perlu disertai training singkat maupun training berkala dibidang hukum tenaga kerja dan hubungan industrial;
  • Assessment terhadap pejabat manajemen dalam kaitannya terkait tingkat pemahaman hukum korporasi (terutama hukum perseroan terbatas), bila perlu disertai training tentang hukum korporasi (ruang lingkup layanan asssessment sesuai dengan kesepakatan atau kebutuhan pengguna jasa);
  • Proses rekruitmen untuk mengisi staf / Divisi Hukum maupun Divisi Hubungan Industrial, dimana Konsultan Shietra akan menyiapkan materi seleksi / tes secara holistik, dimulai dari penyusunan kualifikasi pelamar, seleksi / penyaringan calon potensial, penyusunan materi tes bidang kompetensi hukum terspesifik (disesuaikan dengan bidang usaha perusahaan pengguna jasa), hingga proses wawancara, penilaian, dan assessment calon pelamar pada perusahaan pengguna jasa;
  • dsb, sesuai kebutuhan pengguna jasa legal assessment.


Pengguna jasa assessment dapat memilih jenis layanan assessment sesuai kebutuhan, semisal khusus spesifik assessment terhadap SOP perusahaan, atau assessment terhadap draf baku perjanjian kerja perusahaan, atau khusus untuk keperluan rekruitmen pegawai / staf hukum.

Sebagai contoh, bila dari hasil assessment Konsultan Shietra menyatakan bahwa bobot kerja dan tanggung jawab pada perusahaan pengguna jasa, tidak dimungkinkan hanya dikerjakan oleh satu orang tenaga staf hukum, maka Konsultan Shietra dapat memberi saran, masukan, atau rekomendasi tertentu secara objektif, untuk memberi pemahaman holistik hubungan industrial yang ideal.

Adalah sangat menguras sumber daya perusahaan, bila perihal pegawai terlampau tinggi tingkat "in" dan "out"-nya. Untuk itu menjadi penting layanan jasa assessment yang objektif sekaligus profesional, agar pengusaha dapat cukup berfokus pada core business, dimana tingkat loyalitas pekerja relatif terjaga dan harmonis hubungan kerjanya antara manajemen dan tingkat staf. Begitu pula pembagian hierarkhi dan rantai komando yang ideal, menjadi salah satu kunci keberhasilan Divisi Hubungan Industrial, Divisi HRD, serta tidak terkecuali Divisi Hukum untuk bersama-sama membantu culture perusahaan yang produktif.

SOP peruasahaan yang buruk, mengakibatkan banyak pelanggaran internal terhadap hak-hak normatif tenaga kerja, yang pada akhirnya mampu menimbulkan bibit sengketa di kemudian hari, yang secara tidak langsung dapat menjadi faktor "potential cost" atau bahkan "potential loss" bagi perusahaan. Hal serupa berlaku dalam konteks pembentukan Peraturan Perusahaan hingga Perjanjian Kerja Bersama.

Belum tentu pengusaha menguasai atau mengetahui aspek-aspek penting apa sajakah terkait hukum untuk ditanyakan kepada calon pelamar kerja saat proses interview / wawancara dengan para applicant yang melamar untuk posisi Legal Officer atau istilah lain dibidang tanggung-jawab hukum perusahaan.

Untuk itu Konsultan Shietra menawarkan jasa sebagai selektor sekaligus penguji para calon pelamar, hingga proses interview dan penanda-tanganan kontrak kerja.

Konsultan Shietra pun dapat melacak / menginvestigasi, apakah calon pelamar tersebut sebelumnya pernah bersengketa di pengadilan, dan jika pernah, sengketa semacam apa detailnya, sebagai bagian dari assessment agar perusahaan pengguna jasa tidak merekrut "kucing dalam karung".

Kami tawarkan juga jasa layanan unik yang Konsultan Shietra sebut sebagai "layanan asistensi" berupa bimbingan anggota staf hukum yang baru direkrut perusahaan pengguna jasa. Seringkali, karena satu atau lebih sebab, banyak perusahaan yang lebih preferable Fresh Graduate Sarjana Hukum untuk direkrut, sementara kita ketahui bahwa Pendidikan Tinggi Hukum di Indonesia tidak pernah mempersiapkan lulusan mereka untuk mampu seketika beradabtasi dengan dunia kerja. Untuk itulah peran "pembimbing" menjadi penting untuk membantu / memberi asistensi bagi tenaga / staf hukum yang baru direkrut agar "siap pakai", berupa layanan asistensi untuk tempo waktu tertentu, sebelum kemudian staf hukum baru tersebut dapat dilepas untuk mandiri melakukan tugas dan tanggung jawabnya di perusahaan pengguna jasa.

Kerap juga Konsultan Shietra jumpai, berbagai perusahaan yang baru menyadari kebutuhannya akan peran staf hukum untuk direkrut, namun tidak tahu seperti apa atau bagaimana membangun Divisi Hukum yang solid dan tepat guna, yang secara salah kaprah banyak kita jumpai bahwa Staf Hukum justru dibentuk dibawah hierakhi Divisi HRD. Idealnya, Divisi Hukum sejajar dan setara dengan Divisi HRD, agar staf hukum dapat lebih optimal melaksanakan tugas dan perannya, terutama dalam mem-supervisi kebijakan HRD terkait tenaga kerja. Konsultan Shietra dapat memberikan konseling pembentukan Divisi Legal / Hukum bagi perusahaan yang baru akan merintis Divisi Hukum yang baik sekaligus efektif.

Banyak diantara kalangan pengusaha di Tanah Air yang tidak begitu menaruh perhatian terhadap berbagai kontrak bisnis mereka, baik berupa kontrak baku maupun non baku. Begitupula tata arsip berbagai akta pendirian perseroan dan akta-akta perubahan anggaran dasarnya. Menjadi penting, agar berbagai dokumen legal tersebut mendapat sentuhan serta perhatian tersendiri.

Tidak terkecuali, tingkat kepatuhan usaha terhadap regulasi sektoral yang berlaku, menjadi aspek penting untuk dipedomani serta dijadikan koridor acuan dalam beroperasi, agar tidak bermasalah dengan hukum dikemudian hari, dimana hukum sangat kental nuansa prosedural serta perizinan usaha. Sebagai contoh, apakah perusahaan Lembaga Pembiayaan milik Anda telah mengikuti berbagai peraturan Otoritas Jasa Keuangan, ataukah masih terdapat kekurangan yang perlu segera dibenahi? Assessment menjadi bagian dari kebutuhan legal yang tidak dapat ditunda ataupun dihindari, dan Konsultan Shietra menyediakan solusinya bagi pengguna jasa korporasi.

Konsultan Shietra pun menyediakan jasa seperti assessment terhadap profil calon rekanan bisnis pengguna jasa, apakah pernah bersengketa di pengadilan, apakah badan hukumnya telah resmi dan sah berdirinya, siapa saja direksi dan pemegang sahamnya, yang dalam istilah hukumnya disebut sebagai "audit profile".

Segera hubungi Konsultan Shietra untuk menjajaki kerjasa sama assessment ini, yang tidak lagi terhindarkan kebutuhannya di masa yang serba sarat legalitas. Preventif dan antisipasi selalu lebih baik daripada kuratif.

Kepastian Hukum Bertopang pada Daya Prediktabilitas Paling Minimum dalam Hukum (PREDICTABILITY)

Foto saya

Trainer & Legal Consultant SHIETRA & PARTNERS didirikan tahun 2013, penyedia jasa konsultasi hukum spesialis preseden / yurisprudensi pertama dan satu-satunya di Indonesia, dibidang perdata maupun pidana. Berkomitmen sebagai profesional dalam setiap layanan jasa hukum, dengan tetap memegang teguh idealisme dan etika profesi.

HANYA PEMBELI EBOOK SERTA KLIEN PEMBAYAR TARIF YANG BERHAK ATAS INFORMASI YANG BENAR (Kami juga butuh makan nasi).
Kebenaran ulasan hukum dalam website, TIDAK DIJAMIN (bisa jadi benar, bisa jadi tidak, hanya penulisnya sendiri yang paling mengetahui). Hanya Klien dalam Sesi Konsultasi dan bahasan dalam eBook, yang kami berikan opini dan data yang terjamin kebenarannya. Pahami, bahwa kami sedang mencari nafkah. Bukan sebagai Klien Pembayar Tarif Jasa maupun bukan sebagai pembeli eBook yang kami jual, resiko ditanggung Anda sendiri selaku pengunjung websiteSyarat & Ketentuan Layanan, lihat TARIF KONSULTASI.

PERINGATAN : (Bila Anda bisa mendapat nomor kontak / email kami, berarti Anda pasti telah membaca peringatan tegas berikut)
HANYA KLIEN PEMBAYAR TARIF JASA YANG BERHAK MENCERITAKAN MASALAH / MENGAJUKAN PERTANYAAN HUKUM. Pelanggar akan dikenakan sanksi BLACKLIST. Peringatan tersebut sudah sangat jelas dan tegas. Tidak akan kami tolerir sikap dari pihak-pihak yang mendalilkan tidak membaca atau tidak memahami peringatan yang sudah sedemikian tersurat.

Bagi yang berminat mengakses ribuan konten artikel kami (akses full database), pada website khusus terpisah yang kami jamin kebenaran datanya, disediakan layanan MEMBERSHIP. Tersedia untuk bulanan maupun tahunan. Konsultan Shietra juga menyediakan jasa LEGAL ASSESSMENT bagi korporasi.

Bagi yang membutuhkan layanan jasa penulisan, kami menyediakan jasa CONTENT WRITER. Sementara yang membutuhkan jasa Training atau layanan Tutorial Hukum bagi klien korporasi, kami menyediakan PELATIHAN.

Besar kemungkinan ulasan / materi publikasi dalam website, telah kadaluarsa akibat perubahan regulasi, atau pembiasan fakta penting yang kami sengajakan. Informasi serta opini hukum yang Benar dan Terjamin, hanya menjadi Hak Istimewa klien pembayar tarif ataupun pembeli eBook yang kami jual. Anda sendiri yang menanggung resikonya tanpa diagnosa fakta hukum dan analisa yang memadai oleh konselor untuk berdialog / mereview dokumen terkait masalah hukum.

Hukum sensitif detail, terbuka beragam skenario peluang atau kemungkinan yang dapat terjadi hanya karena faktor perbedaan detail fakta hukum, opsi langkah mitigasi, serta setiap resiko upaya hukum yang mungkin berimplikasi. Tidak ada perkara yang seragam untuk dapat diprediksi hasilnya, kecuali melalui sesi konsultasi secara intens / privat. Menyesal tiada guna, bila Anda gagal mengantipasi bahkan masalah menjelma "benang kusut", akibat salah penanganan oleh yang bukan ahli dibidangnya.

Kecerobohan pembaca memaknai ulasan hukum dalam website, dapat berakibat FATAL. Terhadap materi publikasi dalam website, don't try this at home, kecuali Anda berdialog langsung dengan penulisnya dalam sesi konsultasi secara privat.

Tidak bersedia membayar tarif jasa, mengharap "selamat" dan meminta "dilayani"? Hargai profesi kami, sebagaimana profesi Anda sendiri hendak dihormati. Pihak-pihak yang menyalah-gunakan nomor telepon, email, maupun formulir kontak kami, berlaku sanksi. Sadari, selain klien pembayar tarif, maka masalah Anda bukanlah urusan kami.

Manusia beradab menjunjung sikap Resiprositas, Prinsip TIMBAL-BALIK. Seorang pengemis tidak pernah memiliki masalah hukum, terlebih masalah tanah atau masalah tenagakerja, dan pengemis tidak mencari makan dengan merampok nasi dari piring milik profesi orang lain. Pasal 28D Ayat (2) Undang-Undang Dasar RI 1945: "Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan." Tidak ada kewajiban bagi kami untuk diganggu, dan Anda tidak punya hak untuk mengganggu waktu kami. Ada HAK, maka ada KEWAJIBAN.

Ada Harga, ada Barang. Ada Tarif, ada Jasa. Masalah hukum tidak berbeda dengan "penyakit". Tidak ada satu orang pun yang dengan senang hati bersentuhan dengan "penyakit" milik orang lain, tanpa kompensasi. Karena itu adalah wajar jasa kami dibayar "mahal". Sedia "payung" sebelum "hujan", dan kami menyediakan "payung hukum" untuk Anda berlindung.

Adalah tidak waras, mengambil sesuatu tanpa membayar dari sebuah toko, itu namanya MENCURI. Sama tidak etisnya, mengharap dilayani & menyita sumber waktu kami yang terbatas, meminta data / informasi hukum hasil kerja keras kami, memohon ilmu hasil pengorbanan waktu dan biaya kami, namun tanpa mau membayar sejumlah kompensasi, itu namanya MERAMPOK NASI DARI PIRING KAMI, terlebih sengaja melanggar ketentuan website bahkan menyalahgunakan nomor kontak kami dengan berpura-pura tidak mengetahui bahwa kami sedang mencari nafkah.

Kami pun berhak untuk berdagang jasa dan mencari nafkah! Kantor Virtual kami ini adalah kantor hukum komersiel. Ribuan ID pelanggar telah kami publikasi dalam laman BLACKLIST akibat setiap harinya selalu saja ada pelanggar yang menyalahgunakan nomor kontak / email kami dan melanggar syarat & ketentuan website ini. Kami menyebutnya sebagai "manusia Sampah" yang secara vulgar telah melanggar namun mengharap dilayani?!

-------
Hukum adalah ilmu tentang "prediksi" (diluar itu artinya "spekulasi")Konsultan Hukum SHIETRA & PARTNERS: Jl. HR. Rasuna Said. Kawasan Epicentrum Utama, EPIWALK, Office Suite Lantai 5 Nomor A529, Kuningan, Jakarta Selatan, 12940, Indonesia.

Terdapat ribuan konsultan hukum kompetitor kami, namun hanya ada satu orang Konsultan ShietraMenjual jasa layanan konsultasi secara tatap muka maupun secara virtual via online.
Pendaftaran KLIEN: (Wajib terlebih dahulu memperkenalkan diri dan menyatakan kesediaan membayar tarif layanan yang berlaku. Bila syarat mutlak tersebut tidak diindahkan, maka telepon ataupun pesan Anda akan kami nilai sebagai spam, tidak akan kami respon)
- Telepon: 021-568 2703.
- Fax: 021-560 2810.
- Whatsapp: 08888-9195-18. (Seluruh nomor kontak dan alamat email profesi kerja kami ini, hanya diperuntukkan untuk PENDAFTARAN KLIEN PEMBAYAR TARIF. Menyalahgunakan nomor kontak / email kami untuk tujuan lain, berarti pelanggaran yang akan kami jatuhi sanksi. Pahami betul-betul Etika Komunikasi Anda saat mencoba menghubungi kami)
- Email: konsultasi@hukum-hukum.comhery.shietra@gmail.com

KONSULTAN HUKUM SHIETRA. Kami LEBIH dari sekadar mengutip bunyi Undang-Undang, Hukum yang REAL.

KONSULTAN HUKUM SHIETRA. Kami LEBIH dari sekadar mengutip bunyi Undang-Undang, Hukum yang REAL.
HR. Rasuna Said. Kawasan Epicentrum Utama, EPIWALK Nomor A529, Kuningan, Jakarta. TEKAN GAMBAR UNTUK MENGHUBUNGI KAMI

eBook PERBUATAN MELAWAN HUKUM

eBook PERBUATAN MELAWAN HUKUM
Mengupas Kaedah-Kaedah Manarik PERBUATAN MELAWAN HUKUM