Ingin berjumpa dan berinteraksi langsung dengan Bpk. Hery Shietra, pendiri hukum-hukum.com, trainer, penulis, dan konsultan praktisi hukum bisnis?

“Untuk Mencapai Kesuksesan, Seseorang Harus Berani Membayar Harganya.”

Dibuka kesempatan pendaftaran half-day Training MENGUNGKAP RAHASIA HUKUM JAMINAN KEBENDAAN (Hak Tanggungan dan Fidusia), dibawakan langsung oleh Konsultan SHIETRA, tanggal 30 SEPTEMBER 2019, bertempat di Jakarta Barat (dekat Bandara Soekarno-Hatta, memudahkan akses lokasi bagi peserta dari luar kota), tiket @ Rp. 2.250.000;-. GARANSI CASHBACK 100%, TANPA SYARAT, BAGI PESERTA YANG MERASA BOSAN SAAT MENGIKUTI TRAINING YANG DIBAWAKAN TRAINER SHIETRA. Hanya Trainer SHIETRA yang berani memberi garansi demikian.

Ciri khas seminar / training yang dibawakan Konsultan SHIETRA ialah hanya mengupas praktik, bukan teori. Kursi peserta terbatas, booking segera, karena penyesalan selalu datang terlambat. Detail dan pendaftaran DI SINI.

MENGGUGAT KONSORSIUM

LEGAL OPINION
Question: Apakah dimungkinkan menggugat suatu konsorsium?
Answer: Suatu konsorsium biasanya berupa dua atau lebih pihak yang saling bekerja sama atas suatu kesepakatan. Kesepaktan konsorsium tersebut ketika bersinggungan dengan pihak ketiga yang merasa haknya telah dilanggar, maka pihak ketiga tersebut dapat menggugat siapapun yang telah menimbulkan kerugian bagi dirinya, dengan syarat harus terdapat kesalahan pada mereka, adanya hubungan causal antara kesalahan dan kerugian yang ditimbulkannya, serta adanya suatu perbuatan melawan hukum.
EXPLANATION:
Merujuk berhubung konsorsium bukanlah suatu badan hukum yang berdiri mandiri (persona standi in judicio), bukan pula suatu legal entitas (legal entity) yang berdiri sendiri layaknya suatu badan hukum. Bahkan mereka bukan pula disebut badan usaha.
Syarat mutlak untuk dapat menggugat suatu konsorsium, maka penggugat harus menggugat SELURUH anggota konsorsium dalam SATU surat gugatan. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka gugatan akan dinyatakan tidak dapat diterima karena kurang pihak. Kecuali, bila yang secara nyata merugikan Anda adalah salah satu anggota konsorsium dan tindakan anggota tersebut tidak mengatasnamakan konsorsium.
Terkecuali pula, bila konsorsium merugikan hak Anda yang timbul dari suatu hubungan kontrak antara Anda dan pihak konsorsium, maka yang dapat Anda lakukan adalah gugatan wanprestasi dan wajib menarik seluruh pihak yang menjadi pihak dalam kontrak.
Dengan kata lain, konsorsium hanyalah sekadar istilah niaga. Sementara yang dapat menggugat ataupun digugat ialah suatu entitas hukum sebagai persona in judicio. Terkecuali konsorsium tersebut membentuk sebuah perusahaan berbadan hukum dengan mekanisme joint venture, maka badan hukum tersebut yang dapat digugat ataupun menggugat. Untuk itu fakta latar belakang yang melingkupinya perlu untuk dicermati dalam menyusun strategi hukum.
© Hak Cipta HERY SHIETRA.
Budayakan hidup JUJUR dengan menghargai Jirih Payah, Hak Cipta, Hak Moril, dan Hak Ekonomi Hery Shietra selaku Penulis.

[IKLAN] Butuh & Mencari Souvenir Resepsi Pertunangan / Pernikahan? KLIK GAMBAR Temukan Koleksi

Souvenir Impor untuk Resepsi Pernikahan dari Thailand

(Advertisement) KWANG EARRING, Tampil Memukau dengan Harga Terjangkau [KLIK GAMBAR Lihat Koleksi]

KLIK GAMBAR untuk menemukan koleksi asesoris dengan harga terjangkau namun berkualitas, toko online anting Jakarta