GUGATAN SEDERHANA YANG BENAR-BENAR SEDERHANA DAN RINGKAS

LEGAL OPINION
TIDAK DAPAT DIAJUKAN TUNTUTAN PROVISI, EKSEPSI, REKONVENSI, INTERVENSI, REPLIK, DUPLIK, ATAUPUN SURAT KESIMPULAN DALAM PERSIDANGAN REGISTER KHUSUS “GUGATAN SEDERHANA”
Question: Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 2 Tahun 2015 tidak menyebutkan secara jelas apakah dalam perkara “gugatan sederhana” pihak Tergugat dapat mengajukan eksepsi dan putusan sela (provisionil)?
Brief Answer: Redaksional PERMA Nomor 2 Tahun 2015 sudah dikoreksi oleh Mahkamah Agung, sehingga dalam proses pemeriksaan gugatan sederhana, tidak dapat diajukan tuntutan provisi, eksepsi, rekonvensi, intervensi, replik, duplik, atau kesimpulan.
PEMBAHASAN :
Pada tanggal 10/7/2015, Mahkamah Agung RI dalam situs resminya menurunkan berita dengan tajuk “Perbaikan PERMA Nomor 2 Tahun 2015” tentang small claim court atau gugatan sederhana, menuliskan sebagai berikut:
“Sehubungan dengan adanya perbaikan pada Peraturan Mahkamah Agung Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana, yang sebelumnya masih terdapat double pada Pasal 17.
“Maka dengan ini diberitahukan bahwa Pasal 17 yang digunakan adalah “Dalam proses pemeriksaan gugatan sederhana, tidak dapat diajukan tuntutan provisi, eksepsi, rekonvensi, intervensi, replik, duplik, atau kesimpulan.”
Pada mulanya ketika PERMA small claim court diterbitkan MA RI, memang sempat membuat bingung SHIETRA & PARTNERS. Namun MA RI cukup berbesar jiwa dengan mengakui kekeliruan redaksional yang mereka susun dan terbitkan. Kini dalam situs resminya, Mahkamah Agung telah mengupload PERMA No. 2 Tahun 2015 versi revisi, sehingga Pasal 17 PERMA menyebutkan:
Dalam proses pemeriksaan gugatan sederhana, tidak dapat diajukan tuntutan provisi, eksepsi, rekonvensi, intervensi, replik, duplik, atau kesimpulan.”
© Hak Cipta HERY SHIETRA.
Budayakan hidup JUJUR dengan menghargai Jirih Payah, Hak Cipta, Hak Moril, dan Hak Ekonomi Hery Shietra selaku Penulis.

[IKLAN] Butuh & Mencari Souvenir Resepsi Pertunangan / Pernikahan? KLIK GAMBAR Temukan Koleksi

Souvenir Impor untuk Resepsi Pernikahan dari Thailand

(Advertisement) KWANG EARRING, Tampil Memukau dengan Harga Terjangkau [KLIK GAMBAR Lihat Koleksi]

KLIK GAMBAR untuk menemukan koleksi asesoris dengan harga terjangkau namun berkualitas, toko online anting Jakarta