Kemelut Sengketa Tanah, Kian Berlarut Kian Kusut

LEGAL OPINION
Question: Ada developer yang menyerobot tanah kapling milik keluarga kami. Ditegur dan diperingatkan, mereka tetap saja membangun diatas tanah kami meski tanpa izin dari yang punya tanah. Tidak ada cara lain, selain digugat itu si penyerobot?

Implementasi Keputusan Fiktif—Positif Administrasi Pemerintahan

LEGAL OPINION
Question: Katanya bila pejabat tidak juga buat keputusan secara tertulis, atau diam saja atas permohonan yang diajukan warga, dianggap dikabulkan permohonan itu. Lalu gimana implementasi konkretisasinya apa yang dianggap dikabulkan permohonannya?

Mengundurkan Diri saat Usia Pensiun, Tetap Berhak Pesangon

LEGAL OPINION
Question: Sebagai pegawai swasta, meski konon tidak ada aturan hukum tentang batas usia pensiun seorang pekerja seperti pegawai negeri sipil, sebagai pekerja yang setiap hari harus bekerja di lapangan dengan usia yang sudah lebih dari 57 tahun, rasanya tubuh ini sudah tidak memungkinkan. Dipaksakan sekalipun, nanti justru akan membuat kecelakaan kerja.
Namun perusahaan belum mau mau mempensiunkan. Kalau buruh mengundurkan diri, bisa-bisa tidak dapat apa-apa. Rasanya, seperti dijebak dan terjebak perangkap yang memang sengaja dirancang by design seperti itu bagi para pekerja yang sudah lanjut usia.

Sifat Ekstrim Pembuktian Kepailitan: Nila Setitik, Rusak Susu Sebelanga

LEGAL OPINION
Question: Sekalipun hanya separuh dari jumlah hutang yang dipermasalahkan debitor, debitor ini tetap tidak dapat dipailitkan?

Penyalahgunaan Diskresi dalam Perspektif Tindak Pidana korupsi

LEGAL OPINION
Question: Kalau pegawai atau aparatur sipil negara, berkegiatan dan mengambil kebijakan ataupun keputusan berdasarkan peraturan perundang-undangan ataupun peraturan setingkat menteri, maka tidak akan dikriminalisasi, bukan? Karena ada dasar hukum atau payung hukumnya.

Hak Eksklusifitas Vs. Persaingan Usaha yang Sehat

LEGAL OPINION
BUMN Boleh Monopoli Usaha, Tapi Ada Syaratnya
Question: Di mata KPPU, hak esklusivitas itu seperti apa yang tidak dibolehkan? Jika hak itu diberikan oleh lembaga milik negara, maka tidak akan tersangkut-paut resiko dinyatakan monopoli usaha, bukan?

Tindak Pidana Kekerasan terhadap Barang

LEGAL OPINION
Question: Memang ada, aturan pidana kekerasan terhadap benda? Apanya yang dikerasi?

Putusan Pengadilan yang Spekulatif

LEGAL OPINION
Question: Yang disebut, putusan pengadilan yang tidak mencerminkan asas hukum tepat guna, itu seperti apa?

Implementasi Vicarious Liability Pidana Perusakan Lingkungan Hidup

LEGAL OPINION
Sengaja Merusak Ekosistem, Pengusaha Kebun Sawit Dipidana
Question: Jika pohon-pohon perkebunan yang sudah tua dan sudah tidak produktif, hendak ditanam baru pohon baru, tapi dengan cara membakar ladang kebun yang sudah tua itu, apa ada ancaman pidana yang mungkin dapat terjadi? Membakar pohon tua akan mengembalikan kesuburan tanah, disamping cara paling murah untuk land clearing.

Antara Insentif dan Upah Lembur

LEGAL OPINION
Question: Sebenarnya antara intensif dan upah lembur itu, beda atau sama?

Elemen Substansial Kriminalisasi, tatkala Korban Pelapor yang justru Beritikad Buruk

LEGAL OPINION
Question: Bagaimana cara membedakan antara benar-benar perbuatan pidana dan yang adalah kriminalisasi?

Pemberi Personal Guarantee dapat Dipailitkan

LEGAL OPINION
Question: Pemegang saham yang dulu angkat saya jadi direktur, kini meminta saya untuk tanda-tangan personal guarantee karena saat ini perseroan sedang dalam proses ikatan kredit dengan sebuah perbankan. Susah untuk menolak, karena bila dianggap membangkang, jabatan saya bisa dicopot nanti. Apa resikonya?

Antara Karyawan yang Sering Berbuat Onar, Skorsing, dan Upah Proses PHK

LEGAL OPINION
Question: Jika ada karyawan yang buat onar di pabrik sehingga manajemen memutuskan untuk mengajukan permohonan PHK terhadap dirinya ke pengadilan, untuk sementara agar tidak lagi menambah keruh keadaan, yang bersangkutan akan di-skorsing, skorsing dalam rangka bersengketa di pengadilan karena kini gugatan PHK terhadap karyawan itu sudah resmi terdaftar di PHI. Yang menjadi pertanyaan, skorsing itu ada konsekuensi hukum apa bagi perusahaan?

Tiada Hubungan Kerja antara Direksi dan Perseroan Terbatas

LEGAL OPINION
Question: Seorang pengurus perusahan berbentuk (badan hukum) perseroan terbatas, kan dipekerjakan oleh para pemegang saham. Jika status direksi ataupun komisaris, bukan dianggap sebagai seorang pekerja, lalu sebagai apanya dari perusahaan?

Perbedaan antara Pembatalan dan Pemutusan Kontrak

LEGAL OPINION
Question: Jika memang ada perbedaan antara pemutusan kontrak dan pembatalan perjanjian, konsekuensi hukum atau bedanya dimana dan seperti apa?

ALIBI MUTLAK sebagai Alat Bukti yang Tidak Terbantahkan

LEGAL OPINION
Akta yang Dibuat Notaris Tidak Dapat Diasumsikan Selalu Benar Adanya
Question: Di dalam persidangan perkara perdata, apa dikenal juga istilah alibi?

Pemerintah Ingkar Janji, Digugat Wanprestasi oleh Swasta

LEGAL OPINION
Telaah Kasus Perbuatan Melawan Hukum oleh Penguasa
Question: Bisakah pihak sipil, alias swasta, menggugat pemerintah dengan alasan pemerintah sudah ingkar janji tidak membayar hasil pekerjaan bagi penyedia barang atau jasa?

Pekerja yang Telah Memasuki Usia Pensiun, Tidak Dikenal Mengundurkan Diri dengan Alasan Mangkir Kerja

LEGAL OPINION
Jaring Pengaman bagi Pekerja yang Telah Bekerja Puluhan Tahun atas Pesangon
Question: Kalau sudah dipanggil, tapi tetap juga tidak masuk bekerja seperti biasanya, berarti dianggap mengundurkan diri pegawai itu, bukan? Jika diasumsikan oleh hukum sebagai mengundurkan diri, berati tidak berhak atas pesangon, bukan?

Perbuatan Melawan Hukum Pengurus Perseroan terhadap Pemegang Saham

LEGAL OPINION
Question: Sampai sejauh apa kewenangan seorang pemegang saham untuk menuntut tanggung jawab direksi dan komisaris perseroan yang dahulu diangkatnya? Semisal bila perusahaan setiap tahunnya mencetak laba, tapi selama itu pula tidak pernah ada pembagian deviden oleh perseroan, padahal kami sebagai pemegang saham mayoritas.

Perbedaan antara Calo dan Sarjana Hukum

ARTIKEL HUKUM
Kerap terdapat salah-kaprah ditengah masyarakat, seakan profesi hukum dan profesi “calo” adalah serupa atau dapat saling dipertukarkan. Baru-baru ini seseorang mencoba menghubungi penulis, namun menjadi permasalahan ialah ketika profesi penulis yang merupakan penyedia jasa layanan hukum, disetarakan dengan jasa seorang “calo”—alias, salah alamat.

Persekusi dan Main Hakim Sendiri sebagai Antinomi Negara Hukum

ARTIKEL HUKUM
Apakah perbuatan main hakim sendiri maupun persekusi (ada pendapat yang menyebutkan bahwa keduanya adalah berbeda), selalu dinilai negatif atau tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun? Negara berhukum, artinya hanya aparat penegak hukum yang memiliki kewenangan untuk mengadili dan menghukum.

Pembeli Tanah Bersertifikat Tidak Wajib Mengusut Asal-Usul Tanah

LEGAL OPINION
Question: Kalau mau beli tanah yang sudah ada sertifikatnya, lalu jual-beli juga rencananya akan dilakukan di depan notaris (yang merangkap PPAT), apa calon pembeli masih diwajibkan untuk mencari-tahu asal-usul tanah itu? Kalau memang ada kewajiban hukum bagi calon pembeli untuk mengusut asal-usul tanah, rasanya mustahil dipenuhi.
Bukankah sertifikat adalah tanda bukti sah kepemilikan yang diterbikan oleh negara, jadi buat apa lagi musti usut ini itu seolah sertifikat tanah tidak punya kepastian apapun bagi calon pembeli?

Pidana Meracun Namun Korban Tidak Sampai Meninggal

LEGAL OPINION
Question: Diberi minuman yang mengandung racun insektisida, meski korban telah meminumnya namun hanya menjadi sakit, tidak sampai jatuh mati, itu dikategorikan pidana apa oleh hakim?

Pemberian Upah ialah Paling Lambat Hitungan Bulan

LEGAL OPINION
Question: Bila selama ini para buruh tetap perusahaan diberikan upah secara mingguan, semisal satu minggu sekali, lalu pihak manajemen berencana untuk mengubah sistem pembayaran upah menjadi per tiap bulan, maka apakah itu akan membawa resiko hukum?

Pelanggaran Privasi dalam Rumah Tangga, Berujung Pidana

LEGAL OPINION
Question: Dengan alasan sudah menikah, apakah artinya privasi seorang istri, tidak ada lagi? Maksudnya, apakah seorang suami bisa menjadi penguasa atas istrinya, dimana seorang istri tidak dapat atau tidak dibolehkan untuk menolak keinginan seorang suami dan harus menuruti setiap perintah suami?

Alat Bukti (Selalu) Bersifat Netral

ARTIKEL HUKUM
Falsafah hukum pidana, ibarat pembuluh darah yang membawa aliran darah. Sedikit berfalsafah, dalam kesempatan ini penulis akan mengajak pembaca untuk memahami hakekat terminologi hukum perihal “alat bukti”—suatu pembahasan yang jarang sekali mendapat sentuhan penelaahan. Kesempatan yang langka ini tentunya perlu kita manfaatkan dengan baik.
Mungkinkah alat bukti dianggap invalid atau tidak sah? Adakah mungkin menyatakan suatu alat bukti sebagai “ilegal” atau bahkan melawan hukum? Itulah rumusan masalah yang pokok sentral artikel ini.

Kriteria Penggarap yang Diakui Panitia Pengadaan Tanah

LEGAL OPINION
Question: Penggarap kebun yang tidak bisa tunjukkan bukti kepemilikan tanah, dapat ganti-rugi pembebasan lahan tidak? Penggarap kan, yang selama ini senyatanya menguasai dan mengelola fisik tanah kebun.

Pensiun Dini yang Terlampau Dini

LEGAL OPINION
Question: Kalau seperti SPG (sales promotion girl), staf marketing, pramugari, staf company relation, juru bicara dan representasi, tour guide, pembawa acara berita televisi dan reporter, atau profesi sejenis yang menjadikan kaum wanita muda sebagai pegawai, namun ketika sudah mulai berumur lebih tua, atau ketika postur tubuh menjadi agak berubah pasca melahirkan, apa bisa perusahaan memaksakan kehendak untuk memberhentikan pegawai wanita?

Tahu Hukum, tetapi Tetap Melanggar Tanpa Rasa Bersalah, Anomali Mental dan Karakter

ARTIKEL HUKUM
Tidak punya perasaan, dan tidak tahu rasa malu. Mungkin itulah masalah terbesar masyarakat Indonesia. Bukan karena rendahnya tingkat pendidikan formil intelektual, namun lemahnya kecerdasan emosional. Itulah kesimpulan yang dapat penulis temukan selama berprofesi sebagai konsultan hukum maupun penulisan buku-buku hukum.

Membantu Kejahatan Tipikor Tanpa Turut Menikmati Hasil Kolusi, Tetap Dipidana

LEGAL OPINION
Question: Kalau hanya sekadar membantu pejabat yang melakukan pungutan kepada warga, tapi tidak menerima sepeser pun uang dari warga karena semua pungutan dinikmati sendiri oleh pejabat itu, apa bisa dipidana? Hanya bawahan yang melaksanakan perintah atasan. Bukankah katanya bila tidak ada unsur kerugian negara, maka tidak bisa diancam sebagai korupsi?

Perbedaan antara Preseden dan Yurisprudensi

LEGAL OPINION
Question: Apakah antara preseden dan yurisprudensi, adakah perbedaannya?

Perjanjian Sewa Rumah Berakhir saat Pemilik Hendak Menempati Sendiri

LEGAL OPINION
Question: Ada yang bilang, jika perjanjian sewa rumah tidak mengatur secara tegas, mengenai jangka waktu sewa, maka masa sewa dimaknai hanya untuk 2 tahun. Apa betul begitu?